++mOst wElcOmE++

thanks fOr u all;)

~~ sign~~

╔══╗
╚╗╔╝
(¯`v´¯)
╚ . ¸.♥ U
(●̮̮̃•̃) (●̮̮̃•̃)
/█\
/█\
✿❀✿❀❤
"FAMILIES"
"MOHD HAFIZAN"
"ALL FReNS"

~~fatIhah nazali,ain nadia,mimie melissa~~
H@FIB@h fOrever(",)
♫♫♪♫♫♫♪♫

Wednesday, October 20

"menstruasi wajib seOrang wanit@"

Today hari derita dan kesakitan yg teramat,aq mengalami kadar menstruasi yg tinggi,xpernah kualami sebelum ini..nk jerit+nangis

Apakah yang dimksudkan dengan Menstruasi???Saya akn mnjawab sOalan anda,huhu

Menstruasi juga turut dikenali sebagai senggugut iaitu berlaku dalam kalangan wanita ketika uzur ataupun ketika 'Haid' dimana kesakitan didalam perut.Ia adalah  peristiwa normal yang dialami setiap wanita. Setiap bulannya wanita akan meluruhkan dinding rahim yang sebenarnya dipersiapkan untuk terjadinya pembuahan. Jika dalam kurun waktu tersebut tidak terjadi pembuahan, maka tubuh wanita akan memperbaharui siklusnya.

Haid menurut bahasa berarti mengalir, menurut syar'i adalah darah yang keluar dari bahagian dalam rahim wanita pada waktu-waktu tertentu, bukan karena sakit atau terluka, tetapi ia adalah sesuatu yang telah diciptakan Allah bagi wanita. 


Menstruasi pertama atau menarche biasanya terjadi antara umur 10 dan 16 tahun, bergantug pada faktor-faktor yang mempengaruhi kedewasaan dan perkembangan hormon dari gadis itu sendiri. Mentruasi akan terus berlangsung sampai usia kira-kira 45 hingga 50 tahun. Masa dimana seorang wanita udah nggak mentruasi lagi disebut masa menopause.

Sebahagian kaum hawa mengalami menstruasi setiap bulan, lamanya antara 3 sampai 7 hari. Namun ada juga sebagian yang mengalami menstruasi 2-3 bulan sekali. Itu tergantung dari kesehatan tubuh dan hormon masing-masing wanita.





6 Minggu semasa mengalami Mentruasi

1. Pada minggu pertama menstruasi anda, anda 
memiliki lebih sedikit hormon yang berkaitan dengan keinginan untuk makan. Maka, ini adalah waktu yang tepat untuk memulai diet. Menurut hasil studi yang digelar Tufts University, anda sudah bisa mulai mengurangi makan hingga 12% pada minggu ini.

2. Pada minggu ketiga dan keempat, kadar hormone estrogen sangat jauh berkurang dibanding minggu-minggu sebelumnya. Penelitian di University of Minnesota menunjukkan bahwa hormone estrogen inilah yang memberikan kita dorongan menikmati substansi adiktif seperti nikotin. Maka, berhenti merokok selama paruh kedua siklus Anda juga disarankan.

3. Menurut penelitian yang sama dari University of Minnesota, progesterone bertentangan dengan kemampuan verbal Anda. Akibatnya, Anda akan sering salah ngomong, dan kehilangan penalaran. Hormon ini juga dapat menyebabkan konstipasi dan kembung, jadi sebaiknya Anda banyak mengonsumsi bahan makanan yang mengandung serat dan air.

4. PMS yang anda alami bisa menular ke orang lain. Ketika Anda mendapati pasangan ikut-ikutan moody saat siklus haid Anda tiba, segera tenangkan dia. Memang masih banyak penelitian lebih lanjut yang perlu dilakukan, “Namun ada bukti lain bahwa fluktuasi bulanan dalam testosterone juga bisa menghasilkan gejala mirip PMS pada pria,” ujar Jed Diamond, psychotherapist asal California yang juga penulis buku Male Menopause. Dalam sebuah studi yang dipresentasikan di Society for Menstrual Research, di 11th Biennial Conference, kaum pria yang mengisi kuesioner mengeluhkan mood swing yang terjadi setiap bulan, mirip dengan yang dialami para wanita yang disurvei.

5. Ketika anda indekos bersama teman-teman wanita, mereka bisa saja mendapatkan haid pada waktu yang sama dengan Anda. Hal ini disebabkan oleh siklus lunar. Para ahli juga mengatakan bahwa sinyal-sinyal kimia dalam tubuh seorang wanita kemungkinan bisa tertangkap oleh orang lain, dan wanita yang tinggal bersama mungkin saling berbagi sumber stres yang sama, sehingga berpengaruh pada waktu menstruasi mereka.

6. Masa menstruasi juga bisa menyebabkan Anda diare. Bahan kimia yang sama, yang memicu kontraksi pada rahim untuk membantu mengeluarkan darah, dengan tidak sengaja dapat menyebabkan usus bagian bawah untuk ikut berkontraksi.

  
ANDA JUGA MINGKIN MENGALAMI:


• Suhu badan meningkat (seperti meriang)
• Payudara membengkak
• Pinggang sakit
• Pusing-pusing


Untuk mengurangi sakit pada saat menstruasi, berikut tips yang dapat dilakukan :

• Gosok perut dengan minyak kayu putih, dengan tekanan yang agak keras.
• Berendam di air hangat
• Mengompres perut dengan air hangat (masukan air hangat dalam botol).
• Minum kaplet sakit haid
• Melakukan Olah Raga ringan (senam). 






No comments:

Post a Comment